Info Teknologi

Pengertian Listrik Statis Dan Dinamis

Femmy Salsabila.S | Rabu, 07 Agustus 2013 - 15:39:19 WIB | dibaca: 5735 pembaca

Pengertian Listrik Statis Dan Dinamis

Pengertian listrik statis dan dinamis secara tersendiri akan saya bahas masing-masing di paragraf selanjutnya. Sebelumnya sebagai pengantar, mungkin kita baiknya tau dulu bahwa listrik statis dan listrik dinamis merupakan dua jenis dari energi listrik. Energi listrik ini tentunya dihasilkan oleh sumber energi listrik, sebagai contoh adalah bahan kimia; angin; air; dan sinar matahari. Ketika dipakai, energi listrik akan mengalami perubahan dan perpindahan bentuk. Perubahan dan perpindahan bentuk dari energi listrik tersebut terjadi disaat kita menghubungkan peralatan elektrik ke sumber arus listrik.

Pengertian Listrik Statis

Pertama pada pembahasan listrik statis dan dinamis ini kita dahulukan yang statis. Listrik statis adalah energi yg dikandung oleh benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik benda tersebut dapat positif maupun negatif. Bila diperinci lebih dalam lagi, semua zat itu dibentuk dari sejumlah atom. Tiap-tiap atom memiliki inti atom yg terdiri dr elektron dan proton yang mengitarinya. Proton memiliki muatan listrik yang positif, sedangkan elektron memiliki muatan listrik yang negatif.

pengertian listrik statis dan dinamis

Disaat dua zat / benda contohnya tangan kita dan balon saling digesek-gesekan, material yang memiliki daya tarik lebih lemah yaitu tangan akan ditarik elektronnya dan menempel pd benda yang daya tariknya lebih kuat yaitu balon. Dengan demikian maka kedua zat tersebut jadi punya muatan listrik, dimana material yg elektronnya hilang akan memiliki muatan positif dan material yang mendapat elektron jadi bermuatan negatif.

Tangan maupun balon adalah material dengan muatan listrik netral disaat belum digesek satu sama lainnya, yaitu jumlah muatan negatif dan positifnya sama. Setelah dilakukan pengesekan, tangan jadi memiliki muatan positif yg berlebih dan balon jadi memiliki muatan negatif yg berlebih. Muatan listrik yg tdk sama akan salik tarik-menarik, jadinya muatan negatif dari balon ditarik oleh muatan positif dari tangan. Namun bila dihitung maka sebenarnya jumlah muatan total dari gabungan balon dan tangan tidaklah berubah. Penggesekan yang kita lakukan sebelumnyalah yang mengakibatkan elektron-elektronnya berpindah dari zat satu ke zat lainnya.

Pengertian Listrik Dinamis

pengertian listrik dinamis

Listrik dinamis adalah listrik yg bisa bergerak. Cara untuk menghitung kuat arus pd listrik dinamis ialah membagi muatan listriknya dengan waktu, dimana satuan muatan listrik disebut coulumb dan satuan waktunya dipakai detik. Coba dah liat baterai pada mobil mainan, baterai tersebut dijaikan sumber power untuk membuat motor listrik berputar. Bila kita menekan saklar ke keadaan on, maka ujung-ujung baterai akan terasambung dgn motor listrik yang juga akan menyala. Dengan demikian, motor listrik membuat roda menjadi berputar dan mobil mainan pun akan bergerak. Sebaliknya, disaat saklar pada posisi mati / off, motor dan baterai tidak terhubung. Sehingga motor listrik tidak menyala dan mobil mainanpun tidak bergerak.