Info Teknologi

Induktor

Femmy Salsabila.S | Rabu, 07 Agustus 2013 - 14:25:02 WIB | dibaca: 913 pembaca

Induktor

Pengertian Induktor

Induktor adalah sejenis komponen elektronika pasif yang mayoritas bentuknya torus, bisa menjadi media penyimpan energi pd medan magnet yg dimunculkan akibat aliran listrik yang melaluinya. Komponen ini biasanya juga disebut dengan spul. Bahan pembuatannya dari bahan tembaga berupa kawat dengan email yang tipis. Satuan yang digunakan adalah Henry, dengan singkatan H.

induktor

Fungsi Induktor

Dari pengertiannya bisa diambil kesimpulan bahwa fungsinya adalah wadah lahirnya gaya magnet; melipat tegangan; dan membangkitkan getaran. Dari fungsi ini kita bisa menggunakannya untuk memproses sinyal pd rangkaian berupa analog; menghilangkan dengungan (noise); pencegah intrusi frekuensi radio; komponen terpenting untuk membuat transformator; Alat filter pd rangkaian berupa power supply.

Jenis-Jenis Induktor

Macam-macam induktor umumnya dibedakan berdasar inti yg dipakainya, yaitu:

  1. Induktor-inti-udara / air-core-inductor
  2. Induktor-frekuensi-radio / radio-frequency-inductor
  3. Induktor-inti-Feromagnetik / ferromagnetic-core-inductor
  4. Induktor-Variabel / Variable-inductor
  5. Induktor-inti-Laminasi / Laminated-core-inductor
  6. Induktor-inti-toroida / Toroidak-core-inductor
  7. Induktor-inti-ferit / Ferrite-core-inductor

Dari semua pengertian, fungsi/kegunaan dan jenis-jenisnya tersebut itulah kita bisa membedakan karakteristik Induktor dengan komponen elektronika lainnya.

Induktor Ruhmkorff

Jenis Induktor ini dipakai buat mendatangkan tegangan tinggi dipakai untuk fungsi pengapian di jenis kendaraan bermotor. Komponen ini terbentuk atas dua buah kumparan, yaitu kumparan sekunder dan primer. Pembedanya adalah jumlah lilitan, dimana jumlah pada kumparan sekunder adalah lebih banyak daripada yang primer. Sumber tegangannya berupa baterai yang digandakan. Supaya dapat membuat pembaruan garis gaya di kumparan yang arusnya searah, maka baterainya harus dibuat putus-putus oleh interuptor / kontak pemutus-arus. Tegangan yg dibuat pd kumparan sekunder dapat hingga ke 10.000 s/d 20.000 v.

Cara Kerja Induktor

Bila mengingat fungsi dari komponen ini maka prinsip kerja induktor adalah sebagai berikut:

cara kerja induktor - prinsip kerja induktor

Simbol Induktor

Tedapat lima buah simbol untuk induktor yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Fixed-value
  2. Iron-core
  3. Variable
  4. Variac; dan
  5. Tapped

Berikut lambang yang baku dipakai:

simbol induktor

Jenis-Jenis Lilitan Induktor:

  1. Lilitan ferit sarang-madu, yaitu dengan cara dililit saling-silang bertujuan mengurangi efek kapasitansi yang terdistribusi.
  2. Lilitan inti-toroid, adalah lilitan sederhana dengan bentuk silinder agar tercipta medan magnet dgn kutup utara dan selatan.